Prediksi Bola – Kolombia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 meski cuma berimbang 1-1 kontra Peru. Kelolosan Kolombia terbantu hasil di laga lainnya.

Bertandang ke Estadio Nacional de Lima, Rabu (11/10/2017) pagi WIB, baik Kolombia maupun Peru sama-sama butuh kemenangan untuk bisa mengamankan posisi. Sebab Argentina dan Paraguay masih bisa menyalip keduanya.

Tuan rumah Peru mencoba lebih mendominasi pertandingan, tapi cukup kesulitan mengancam gawang Kolombia. Sementara Kolombia justru terlihat lebih berbahaya memanfaatkan peluang-peluang mereka.

Setelah tak ada gol tercipta di babak pertama, Kolombia benar-benar menghukum Peru. Di menit ke-56, James Rodriguez mencetak gol dan membuat suporter tuan rumah terdiam.

Gol bermula dari umpan panjang David Ospina, yang kemudian disundul Duvan Zapata. Bola jatuh di kaki Radamel Falcao, tapi lantas terlepas. Bola liar itu yang akhirnya disambar Rodriguez dan bersarang ke pojok kanan gawang.

Tapi Peru bereaksi. Tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti di menit ke-75 jadi jalan keluar untuk tuan rumah. Eksekusi Paolo Guerrero melesat ke pojok kanan gawang dan tak mampu dihalau Ospina.

Peru mencoba untuk menekan Kolombia di sisa waktu, tapi tak ada gol lain tercipta. Laga berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Bagi Kolombia, tambahan satu poin ini sudah cukup untuk mengantarkan mereka lolos langsung ke Rusia tahun depan. Kekalahan yang ditelan Chile dari Brasil membuat mereka tetap finis di posisi empat, meski dilewati Argentina.

Kolombia mengoleksi nilai 27 dari 18 pertandingan, kalah satu poin dari Argentina yang finis di posisi ketiga. Sementara Peru tak beranjak dari posisi lima dengan 26 poin dan akan melaju ke babak play-off. Sial buat Chile, mereka gagal ke Piala Dunia setelah finis di posisi enam. Meski juga mengoleksi nilai 26, selisih gol Alexis Sanchez dkk. kalah dari Peru.